Thursday, April 21, 2011

Memulai Adobe After Effect

Pada beberapa posting sebelumnya, saya hanya menjelaskan beberapa teknik dasar dari pembuatan animasi dengan 3ds max. Pada posting kali ini saya akan memperkenalkan bagaimana membuat animasi dengan adobe after effect. Penjelasan ini ditujukan bagi mereka yang sama sekali belum pernah menggunakan adobe after effect, karena itu yang akan dijelaskan disini adalah cara bagaimana memulai adobe after effect.

Adobe after yang saya gunakan adalah versi 6.5. Tapi Anda bisa menggunakan versi berapa saja karena penjelasan ini merupakan penjelasan dasar sehingga berlaku untuk semua versi.

Setelah adobe After Effect terinstal di komputer Anda, selanjutnya:
1. Kilk tombol start, sorot all program, klik adobe after effect. atau bila shortcut adobe after effect sudah ada di desktop, Anda tinggal double klik shortcut tersebut maka terbukalah jendela adobe after effect.

Jika Anda baru pertama membukanya, Anda mungkin bingung dibuatnya, bagimana bisa membuat animasi dengan program yang memiliki menu seperti ini? dimana pula jendela preview untuk melihat animasi yang kita bikin? Jangan khawatir dan jangan pula bersedih hati dan jangan pula Anda menyiapkan sapu tangan untuk menghapus air mata kesedihan Anda itu karena hal yang sama dialamai juga oleh saya ketika pertama kali membuka program ini, namun setelah dipelajari lebih dalam ternyata dibalik menu yang sederhana itu ada kekuatan yang besar untuk membuat animasi. Sedangkan jendela preview untuk melihat animasi yang kita buat memang tidak langsung ditampilkan saat kita membuka program tersebut melainkan kita harus membuat composisi terlebih dahulu, untuk itu langkah selanjutnya saya akan mengajak Anda untuk membuat composisi.

2.Pada jendela Adobe After Effect klik composition - new composition. Maka akan muncul jendela composition setting,

di sini kita bisa mengatur beberapa hal seperti ukuran video yaitu tinggi dan lebarnya, aspect ratio, frame rate, resolusi dan durasi. Untuk cepatnya abaikan saja semua itu dan langsung saja klik Ok. Maka teteeet!!! jendela preview dengan background berwarna hitam tiba-tiba muncul dihadapan kita. Jendela inilah tempat kita melihat animasi yang kita buat nantiya. Tunggu dulu! bukan hanya itu melainkan muncul juga jendela timeline di bagian bawahnya, di sinilah nantinya kita mengutak-atik animasi yang kita bikin.


Selamat mencoba!!!

Artikel terkait:

 

 

 


No comments:

Post a Comment